Kamis, 04 November 2010

PRASASTI KAWALI 1



prasastikawali1
(Dikutip dari Blog Sandekala, hatur nuhun kanggo Kang Richadiana Kartakusuma
Prasasti Astana Gede atau Prasasti Kawali merujuk pada beberapa prasasti yang ditemukan di kawasan Kabuyutan Kawali, kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terutama pada prasasti “utama” (prasasti Kawali I) yang bertulisan paling banyak. Adapun secara keseluruhan, terdapat enam prasasti. Kesemua prasasti ini menggunakan bahasa dan aksara Sunda (Kaganga). Meskipun tidak berisi candrasangkala, prasasti ini diperkirakan berasal dari paruh kedua abad ke-14 berdasarkan nama raja.

Berdasarkan perbandingan dengan peninggalan sejarah lainnya seperti naskah Carita Parahyangan dan Pustaka Rajya Rajya i Bhumi Nusantara, dapat disimpulkan bahwa prasasti Kawali I ini merupakan sakakala atau tugu peringatan untuk mengenang kejayaan Prabu Niskala Wastu Kancana, penguasa Sunda yang bertahta di Kawali, putra Prabu Linggabuana yang gugur di Bubat.
Prasasti Kawali I di kawasan kabuyutan Astana Gede, Kawali.
Teks di bagian muka:
nihan tapa kawa- li nu sang hyang mulia tapa bha- gya parĕbu raja wastu mangadĕg di kuta ka- wali nu mahayuna kadatuan sura wisesa nu marigi sa- kuliling dayĕh. nu najur sakala desa aja manu panderi pakĕna gawe ring hayu pakĕn hebel ja ya dina buana
Teks di bagian tepi tebal:
hayua diponah-ponah hayua dicawuh-cawuh inya neker inya angger inya ninycak inya rempag
Dalam Bahasa Indonesia:
Inilah jejak (tapak) (di) Kawali (dari) tapa beliau Yang Mulia Prabu Raja Wastu (yang) mendirikan pertahanan (bertahta di) Kawali, yang telah memperindah kedaton Surawisesa, yang membuat parit pertahanan di sekeliling wilayah kerajaan, yang memakmurkan seluruh pemukiman. Kepada yang akan datang, hendaknya menerapkan keselamatan sebagai landasan kemenangan hidup di dunia.
Teks di bagian tepi tebal:

Jangan dimusnahkan!
Jangang semena-mena!
Ia dihormati, ia tetap.
Ia menginjak, ia roboh.
pembacaan prasasti Kawali I
seharusnya demikian
BAGIAN MUKA:
“… NIHAN TAPA KAWALI
NU SIYA MYLIA
BHAGYA PAREBU RAJA WASTU
NU MANGADEG DI KUTA KAWA
LI, NU MAHHAYU NA KADATUAN
SURAWISESA, NU MARIGI SA
KULILING DAYEUH NU NAJUR SAKALA
DESA AYA MA NU PANDEURI PAKENA
GAWE RAHHAYU PAKEUN HEUBEUL JA
YA DINA BUANA…”
BAGIAN TEPIAN:
HAYWA DIPONAH PONAH
HAYWA DICAWUH-CAWUH
BHAGA NEKER BHAGA ANGGER
BHAGA NINCAK BHAGA REMPAG

1 komentar:

maesyuddin mengatakan...

Gambling 101 - DrmCD
A gambling guide will 용인 출장샵 teach you 김포 출장안마 how to 경산 출장샵 make money 인천광역 출장샵 online, the basic process of gambling gambling, strategies, and tools. The book of credit works for your 남원 출장마사지

Share |